Hatta Ajak China Boyong Pabrik ke Indonesia - biodata,biografi,video,politik


Hatta Ajak China Boyong Pabrik ke Indonesia
Ide ini muncul saat melihat banyaknya produk China yang membanjiri pasar domestik. VIVAnews - Seiring maraknya produk China yang masuk ke tanah air maka Indonesia mengusulkan China untuk merelokasi perusahaan terutama perusahaan manufaktur mereka ke Indonesia.

Ide ini muncul saat melihat banyaknya produk asal negara tirai bambu yang membanjiri pasar domestik. Dengan demikian diharapkan neraca perdagangan antara Indonesia dengan Cina menjadi seimbang.

"Terutama produk China yang masuk ke Indonesia, lebih baiknya memiliki pabrik di Indonesia," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Hal ini diungkapkan Menko Perekonomian saat melakukan kunjungan bilatreal ke China pekan lalu dan bertemu dengan Perdana Menteri China. Selain itu Hatta, juga membicarakan bahwa ke depannya Indonesia tidak lagi menjual material karena tertuang dalam UU Minerba hingga 2012. Sebab itu, penting membangun industri hilirnya di Indonesia.

Sektor industri yang terkena dampak implementasi perdagangan bebas ASEAN-China (ACFTA) meliputi industri tekstil dan produk tekstil (TPT), industri alas kaki (sepatu), industri elektronik, industri mebel kayu dan rotan, industri mainan anak, industri permesinan, industri besi dan baja, industri makanan dan minuman, serta industri jamu dan kosmetik.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat pernah mengungkapan indikasi kerugian implementasi ACFTA antara lain menurunnya produksi (industri) sekitar 25-50 persen, penurunan penjualan di pasar domestik 10-25 persen, dan penurunan keuntungan 10-25 persen. Selain itu juga pengurangan tenaga kerja 10-25 persen.

Masalah yang selama ini dihadapi adalah daya saing. Bukan hanya dalam konteks implementasi ACFTA saja, namun juga dalam konteks perdagangan bebas dengan negara lain. (umi)
• VIVAnews

Komentar