MAKALAH SEJARAH TENTANG SEJARAH INDONESIA KUNO KERAJAAN TARUMANEGARA 2

MAKALAH SEJARAH TENTANG SEJARAH INDONESIA KUNO KERAJAAN TARUMANEGARA 2 >> MAKALAH TENTANG SEJARAH INDONESIA KUNO KERAJAAN TARUMANEGARA 2

Judul Makalah : Sejarah Indonesia Kuno "Kerajaan Tarumanegara"
Pengirim : Sukma Windyasari
Kampus : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana
Alamat : Salatiga
Copyright: Maret 2010

BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Terumanegara di bangun oleh raja Jayasinghawarman ketika memimpin pelarian keluarga kerajaan dan berhasil meloloskan diri dari musuh yang terus menerus menyerang kerajaan Salakanagara.
Di pengasingan, tahun 358 M, Jayasinghawarman mendirikan kerajaan baru di tepi Sungai Citarum, di Kabupaten Lebak Banten dan diberi nama Tarumanegara. Nama Tarumanegara diambil dari nama tanaman yang bernama tarum, yaitu tanaman yang dipakai untuk ramuan pewarna benang tenunan dan pengawet kain yang banyak sekali terdapat di tempat ini. Tanaman tarum tumbuh di sekitar Sungai Citarum. Selain untuk pengawet kain, tanaman ini merupakan komoditas ekspor dan merupakan devisa pemasukan terbesar bagi Kerajaan Tarumanegara.
Raja Jayasinghawarman berkuasa dari tahun 358-382 M. Setelah raja mencapai usia lanjut, raja mengundurkan diri untuk menjalani kehidupan kepanditaan. Sebagai pertapa, Jayasinghawarman bergelar Rajaresi. Nama dan gelar raja menjadi Maharesi Rajadiraja Guru Jayasinghawarman.
Kerajaan Tarumanegara banyak meninggalkan Prasasti, sayangnya tidak satupun yang memakai angka tahun. Untuk memastikan kapan Tarumanegara berdiri terpaksa para ahli berusaha mencari sumber lain. Dan usahanya tidak sia – sia. Setelahnya ke cina untuk mempelajari hubungan cina dengan Indonesia di masa lampau mereka menemukan naskah – naskah hubungan kerajaan Indonesia dengan kerajaan Cina menyebutnya Tolomo. Menurut catatan tersebut, kerajan Tolomo mengirimkan utusan ke cina pada tahun 528 M, 538 M, 665 M, 666M. sehingga dapat di simpulkan Tarumanegara berdiri sejak sekitar abad ke V dan ke VI.
Lebih lanjutnya silahkan download dibawah:
MAKALAH SEJARAH TENTANG SEJARAH INDONESIA KUNO KERAJAAN TARUMANEGARA

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar