Jenis-Jenis Wawancara Kerja

Contoh-contoh » Jenis-Jenis Wawancara Kerja
Jenis-Jenis Wawancara Kerja


Jenis-Jenis Wawancara Kerja - Beberapa jenis wawancara kerja yang biasa dilakukan sebagai berikut:
1. Walk-in-interview
Walk-in-interview adalah wawancara yang dilakukan langsung tanpa melalui proses seleksi administratif terlebih dahulu. Pelamar diminta datang ke perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan langsung untuk mengikuti wawancara sambil membawa persyaratan administratif yang diperlukan, seperti ijazah, foto, dan sertifikat-sertifikat pendukung.

2. Wawancara dengan tujuan seleksi
Wawancara ini biasanya dilakukan setelah serangkaian tes dilakukan, misalnya dari seleksi administratif, tes tertulis, tes kesehatan, sampai psikotes. Dan terakhir pihak perusahaan melakukan tes wawancara kepada kandidat yang lolos untuk mendapatkan yang berkualitas dan sesuai untuk menempati posisi yang sedang ditawarkan.

3. Wawancara di kampus
Banyak perusahaan besar yang langsung bekerja sama dengan kampus tertentu untuk menyaring tenaga kerja yang berkualitas. Dengan wawancara ini, perusahaan tersebut bisa mendapatkan kandidat terbaik langsung dari sumbernya. Biasanya, jika kandidat lolos dalam tahapan ini, perusahaan akan memberikan pelatihan lebih lanjut yang berhubungan dengan bidang kerja para kandidat, karena mereka belum mempunyai pengalaman kerja.

4. Wawancara di lokasi kerja
Wawancara ini dilakukan di kantor/lokasi kerja perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut. Pada saat itu, kandidat mendapatkan kesempatan terbaik untuk melihat situasi dan kondisi kantor/lokasi kerja perusahaan yang ditujunya.

5. Wawancara di bursa kerja
Saat ini, bursa kerja sangat sering dilakukan. Bahkan, akhir-akhir ini, pihak penyelenggara bekerja sama dengan kampus tertentu untuk mengadakan acara ini. Bagi mahasiswa dan alumnus kampus tersebut, tiket masuk digratiskan. Sementara itu, untuk umum akan dipungut biaya masuk. Biasanya, dalam bursa kerja semacam ini, perusahaan yang ikut serta dalam acara ini hanya memberikan informasi tentang lowongan-lowongan kerja di perusahaan mereka, kemudian mengumpulkan daftar riwayat hidup serta persyaratan lain dari pelamar. Namun, banyak juga perusahaan yang langsung mengadakan wawancara kerja pada saat itu juga. Karena banyaknya perusahaan yang ikut serta dalan acara semacam ini dalam satu tempat, Anda harus sangat berhati-hati dan memilih dengan cermat pekerjaan yang akan Anda lamar.

6. Wawancara kelompok
Di sini, pihak perusahaan mengadakan wawancara kerja secara berkelompok. Maksudnya adalah pihak pewawancara terdiri dari beberapa orang. Keputusan kandidat akan diterima atau tidak biasanya tergantung pada para pewawancara ini.

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar