Tips atau Cara Merawat Tubuh Luar dan Dalam Jelang Pernikahan

Tips atau Cara Merawat Tubuh Luar dan Dalam Jelang Pernikahan. Di masa-masa mendekati hari-H inilah biasanya Anda lebih fokus dalam mengerjakan hal-hal yang belum terselesaikan. Bolak-balik ke setiap vendor dan meeting dengan wedding organizer setiap akhir pekan, membuat Anda terkadang lupa dengan kondisi badan Anda sendiri.

Tidak jarang seseorang yang ingin menikah jatuh sakit terlebih dulu sebelum pestanya berlangsung. Apapun kondisi Anda saat menghadapi hal yang disebutkan di atas, cobalah untuk tetap rileks dan lebih peduli pada tubuh Anda.

Sebagai wanita, merawat keindahan tubuh adalah hal mutlak. Entah sekadar pergi ke salon untuk creambath, manicure atau pun melakukan spa.

Kali ini kami berikan beberapa tips bagi Anda calon mempelai wanita dalam menjaga wangi dan kehalusan tubuh sebelum menghadapi hari sakral Anda. Harum tubuh yang menawan, ditunjang dengan penampilan yang menarik, akan menambah rasa percaya diri Anda.

Menurut buku 'Kasatrian Ageng Selikuran & Kasatrian Ageng' karya Hj. Tienuk Riefky, dkk, perawatan tubuh terdiri dari dua macam, yaitu perawatan tubuh bagian luar dan perawatan tubuh bagian dalam. Berikut uraiannya.

Perawatan Tubuh Bagian Luar:
Sabun AntiseptikDalam masa tiga bulan sebelum Hari H disarankan bagi para calon mempelai untuk mandi menggunakan sabun yang mengandung antiseptik. Fungsi dari sabun antiseptik ini ialah membersihkan kuman dan bakteri penyebab keringat berlebih yang dapat menimbulkan bau badan. Jangan lupa juga untuk memberikan perhatian lebih pada daerah-daerah lipatan kulit dan daerah yang sulit dijangkau, seperti ketiak, daerah belakang telinga, punggung dan sela-sela kaki yang merupakan pusat pembiakan bakteri.

Deodoran
Bila Anda masih bermasalah dengan bau badan yang berlebih, maka dianjurkan untuk memakai deodoran. Selain untuk mengurangi bau badan yang berlebih karena aktifitas keseharian Anda, deodoran yang mengandung antiprespiran juga dapat mengecilkan kelenjar keringat sehingga dapat mengurangi proses keluarnya keringat.

Harap diingat pemakaian deodorant yang mengandung prespirant tidak disarankan dalam jangka waktu yang panjang, Karena bahan yang terkandung dari setiap deodoran bisa dapat berbahaya bagi kesehatan kelenjar keringat. Bila menginginkan cara yang alami, Anda dapat mencoba mengoleskan irisan timun setelah selesai mandi, hal ini juga berfungsi untuk menghambat keringat yang keluar dari pori-pori kulit ketiak.

Lulur
Pada zaman dahulu, calon mempelai wanita diwajibkan untuk melakukan perawatan tubuh untuk bagian luar secara rutin dengan melulur seluruh tubuhnya setiap sore selama satu jam. Pada waktu itu bahan lulur dibuat sendiri oleh para leluhur demi menjaga bersihnya kulit sebelum menikah. Tepung beras ketan juga sangat disarankan bagi mereka yang ingin mengencangkan kulit dan dapat berguna sebagai masker tubuh.

Selain jamu rempah di atas, teknik spa modern telah banyak mengembangkan campuran rempah dan buah-buahan seperti mangga, yang dapat mengangkat sel kulit mati. Wortel dan rumput laut berfungsi mengembalikan kelembaban kulit, jahe dan serai yang dapat digunakan pada saat steambath - untuk membuka pori-pori dan menghangatkan dengan aroma rempah yang segar.

Dan sebelum calon mempelai wanita dilulur, seluruh tubuh dipijat dan diurut terlebih dulu dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dicampur dengan sedikit garam. Pemijatan dan pengurutan dilakukan untuk mengendorkan otot-otot yang tegang. Setelah itu barulah dilakukan peluluran. Lulur berfungsi untuk membersihkan kulit dan mengharumkan badan. Maka dari itu, setelah lulur selesai dilakukan calon mempelai wanita diharuskan untuk beristirahat yang cukup dan tidak boleh bergerak. Setelah cukup beristirahat, dilanjutkan dengan mandi dengan air hangat tanpa menggunakan sabun untuk menjaga wangi dari rempah tetap bertahan.

Perawatan Tubuh Bagian Dalam:
Jamu
Untuk perawatan dari dalam, calon mempelai wanita dianjurkan meminum jamu 4 kali dalam satu minggu dan dilakukan tiga bulan sebelum Hari H tiba. Pada hari pertama disarankaan untuk mulai mengkonsumsi jamu kunir asem. Ramuan ini akan membuat badan terasa segar dan mengurangi bau berlebih pada saat datang bulan.

Hari kedua, cobalah mengkonsumsi beras kencur. Jamu ini bermanfaat untuk mengambalikan otot yang tegang dan melancarkan peredaran darah. Temu lawak dapat dikonsumsi pada hari ketiga, jamu ini membantu membersihkan dan melancarkan fungsi pencernaan karena sehatnya seseorang dapat terlihat dari wajah yang bercahaya. Dan untuk hari keempat biasakan meminum jamu yang terbuat dari bengle. Jamu ini harus dihabiskan dalam satu hari. Khasiatnya ialah berguna untuk mengurangi bau keringat dan bau mulut yang tidak sedap. Ramuan jamu tersebut sebaiknya tetap rutin diminum sebelum dan sesudah perkawinan agar kesegaran dan kecantikan tetap terjaga.

Daun SirihDaun sirih telah dikenal banyak memiliki khasiat yang ampuh. Kandungan fenol yang terdapat pada daun sirih bersifat antiseptik dan lima kali lebih efektif dibandingkan kandungan fenol pada zat lain. Banyak cara untuk mendapatkan khasiat dari daun sirih, bisa dengan diminum air rebusannya, dikunyah untuk menghasilkan gigi yang kuat, dan mandi dengan uap dari daun sirih. Untuk para calon mempelai, mengkonsumsi daun sirih sangat dianjurkan karena berguna untuk menjaga badan agar tetap wangi dan pastinya mengurangi reproduksi keringat berlebih.

Daun KemangiBila Anda terbiasa mengkonsumsi lalapan pada hidangan sunda, bisa dipastikan Anda sangat kenal dengan daun kecil yang wangi ini. Selain dimakan dengan lalapan, mengkonsumsi daun kemangi sangat baik untuk menghilangkan bau badan, bau pada mulut, gangguan pencernaan, radang lambung, dan gas dalam usus.

Kemangi kaya senyawa-senyawa berguna yang merangsang hormon estrogen, sedangkan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi), dan zincnya mengurangi sekresi cairan vagina dan zat triptofan juga bisa menunda monopause. Jadi mulai saat ini rajin-rajinlah mengkonsumsi dedaunan di atas. Untuk menjaga tubuh Anda tetap segar selama sebelum dan sesudah hari pernikahan sangat mudahkan.

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar