Usaha Tambak Ikan Air Tawar

Usaha Tambak Ikan Air Tawar Kian Diminati
Dari Sekedar Hobi hingga Menjadi Penghasilan
Asyik, dan bisa melepaskan keletihan. Mungkin itu yang menjadi alas an kenapa banyak masyarakat membuka usaha tambak ikan air tawar. Seperti yang dilakoni Andi, warga Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Muarasabak Barat.

HANDA WIJAYA - MUARASABAK

Ketika Radar Tanjab Group menyambanginya, Andi, demikian sapaan akrab warga disekitar rumahnya memanggil sedang asyik memberi makan ikan yang ada di tambaknya. Banyak ikan yang dikelolahnya, seperti ikan gurami, lele dan nila.

Tambaknya itu bukan sekedar usaha mainan atau menghilangkan stress kerja. Di tambaknya itu andi membuka arena pemancingan di kala hari libur. Aryik bukan.

Sambil memberi pakan, kepada Radar Tanjab Group, Andi menyebutkan bahwa usaha tambak ikannya itu sudah dirintis sejak 4 tahun yang lalu. "Benar-benar saya mulai dari nol," ujarnya.

Diakui Andi, awalnya membuka usaha tambak ikan itu dari hoby yang dimiliki. Lama kelamaan menjadi pelaung bisnis yang dapat dikembangkan. "Semulanya saya merasa ini hanya hoby saja, tetapi, selang beberapa tahun berkembang. Saya sendiri tidak menyangka jika bisa berkembang seperti saat ini," ungkapnya.

Ada tiga jenis ikan yang dibudidaya Andi, yakni ikan lele, gurami dan ikan nila. "Tambak iya, arena pemancingan juga. Saya fungsikan sebagai arena pemancingan bagi pemancing mania yang datang dari lingkungan sini hingga luar kabupaten. Biasanya mereka (Pemancing-red) datang ramai-ramai pada hari libur maupun disaat bulan puasa" terang Andi.

Untuk ikan, sebut Andi langsung didatangkan dari Bogor dengan cara dipaketkan. "Bila massanya panen, pemasaran disekitaran sinilah. Ada juga warga sekitar yang membeli," imbuhnya.
Minat pembeli cendrung pada ikan nila. "Ikan lele dan gurami sedikit kurang minat masyarakat. Adalah sekitar 70 persen ikan terisi di kolam yang ada," kata Andi.

Pantauan Radar Tanja Group, lokasi tambak ikan milik Andi cukup terawat. Letaknya juga cukup strategis yang berada di pinggiran jalan lintas Muarasabak-Jambi. Selain membuka tambak, Andi juga menjual pakan ikan.***

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar