Akhir-akhir ini blog bukan lagi sebagai tempat curhat atau sebagai catatan harian yang dulu kita kenal. Blog sekarang menjadi lebih luas lagi menjadi lahan mata pencarian bagi Online Marketer. Baik buruknya suatu blog tergantung dari traffic pengunjung yang datang, semakin banyak pengunjung suatu blog maka akan semakin tinggi page range dari blog tersebut. Banyak diantara kita yang baru terjun di dunia Blogging jarang memperhatikan tata cara ataupun tahapan-tahapan agar blog kita lebih bermutu baik dinilai oleh Search Engine maupun oleh pengunjung. Kali ini saya coba mengulas sedikit cara-cara agar blog kita lebih “bermutu” di mata search engine.
1. Mencari Ide
Sebelum memulai membuat sebuah blog sebaiknya kita mencari Ide apa saja yang akan kita tuangkan di dalam blog kita, ide ini bisa kita lihat dari berbagai sumber. misalnya dari www.Amazon.com, Google Trends, Ebay.com, dan lain sebagainya. Ide yang kita dapat merupakan sebuah kata kunci yang sering di cari oleh orang di search engine, kata kunci atau keyword tersebut akan menentukan target pasar kita, jika kata kunci tersebut bahasa inggris maka target pasar kita adalah Internasional, kita juga bisa melihat target pasar kita dengan Google Trends.
2. Meriset kata kunci
Kata kunci yang sudah kita dapatkan tadi mulai kita riset untuk mendapatkan kata kunci turunan yang berhubungan dengan kata kunci kita tadi. Tool yang biasa di gunakan adalah https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal. Setelah mendapatkan keyword yang banyak dari KeywordToolExternal kita bisa lanjutkan ke riset berikutnya dengan menggunakan software Keyword Riset dari www.marketsamurai.com. Software ini merupakan trial version kita bisa gunakan gratis selama 12 hari, dari marketsamurai ini kita bisa dapatkan data-data yang berkaitan dengan keyword yang kita dapatkan tadi, mulai dari harga sebuah kata kunci dari PPC hingga jumlah pencarian dari setiap kata kunci.
3. Membeli Domain dan Hosting serta menginstal dengan mesin WordPress
Domain yang kita pilih tentunya harus mewakili dari seluruh kata kunci yang telah kita dapatkan, kemudian kita perlu mengintal WordPress di domain tersebut. WordPress mempunyai fitur dan layanan yang sangat baik untuk mendukung SEO dari sebuah blog. Setelah mengintal WordPress, instal pula beberapa plugin yang mendukung SEO, seperti All in One SEO Pack, H1 H2 Plugin, Google Sitemap generator, Google analytics for WordPress.
4. Mencari Kontent
Kontent yang kita cari merupakan satu persatu dari kata kunci yang kita dapat dari hasil riset sebelumnya. Kita bisa saja menggunakan artikel orang lain sebagai kontent kita tentunya dengan mengikuti etika penulisan. Artikel tersebut bisa kita dapatkan dari berbagai situs atrikel submition sepeti http://ezinearticles.com/ , http://www.articlecity.com/ atau banyak lagi yang bisa kita cari. Sementara untuk mencari image kita bisa gunakan google images.
5. Publish dan internal linking
Memposting artikel juga mempunyai seni yang tidak kalah pentingnya, menambahkan link di setiap keyword yang berkaitan dimana target linknya masih didalam blog kita tersebut. Menambahkan Meta tag pada kolom Keyword, mengisi Title, Descripsi dan Meta tag pada all in one SEO Pack Pungin. Title dan Descripsi bisa kita generate dari keyword yang sudah kita miliki tentunya menggunakan alat bantu. saya sudah siapkan Descripsi Generator tersebut silakan download disini.
6. Bookmarking dan Submin direktori
Setelah artikel kita posting, kita perlu juga menambahkan setiap artikel kita pada situs-situs social bookmark. selengkapnya silakan baca artikel sebelumnya mengenai meningkatkan page range dengan sedikit sentuhan.
7. Menambahkan komentar di blog orang lain
Hal ini memang sedikit sepele namun sebenarnya ini sangatlah berpengaruh pada page range kita, setiap menambahkan komentar jangan lupa meninggalkan backlink pada komentar tersebut, namun harap di perhatikan bahwa komentar kita tersebut jangan berupa spam atau semacamnya, usahakanlah comentar anda tersebut merupakan komentar yang tulus dan berkaitan dengan isi dari artikel yang dikomentari tersebut.
Demikian sekilas ringkasan tahapan cara membuat blog yang SEO Profesional, tentunya ini sesuai dengan yang saya ketahui dari belajar Internet Marketing.

Komentar